Senin, 23 April 2012

Bahan Ajar Biologi XII

Disini merupakan salah satu bahan ajar Biologi.. emang belum final betul sich..

Pertumbuhan dan Perkembangan
Pertumbuhan adalah  proses peningkatan ukuran yang bersifat tetap dan tidak dapat berbalik kembali ke asal (irreversible). Ciri-ciri pertumbuhan  adalah terdapat peningkatan volume  bobot tubuh, pertambahan tinggi, dan pertambahan massa.
Contoh pertumbuhan adalah: pertambahan volume tubuh, pertambahan tingi tanaman, dan pertambahan luas permukaan tubuh.
Untuk lebih lengkap
Klik Disini
Perkembangan  adalah proses perubahan dalam hal bentuk. Perkembangan dimulai sejak fertilisasi dan berjalan seiring dengan kedewasaan. Ciri-ciri perkembangan adalah terjadi perubahan bentuk, proses, dan tidak dapat diukur.
Contoh perkembangan adalah: Perubahan zygote menjadi morulla-blastulla-dan gastrula, perubahan  zygote menjadi sebatang pohon, pembungaan pada tanaman.

Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan
Selama Pertumbuhan dan Perkembangan pada dasarnya  tahapan yang dilalui adalah:
a. Pembelahan Sel (satu sel menjadi beberapa sel)
b. Pembesaran Sel (peningkatan volume dan ukuran sel)
c. Differensiasi Sel (perkembangan sel yang telah mencapai ukuran tertentu menjadi bentuk khusus hingga terbentuk jaringan, organ, dan individu).

Pola Pertumbuhan dan Perkembangan
Pola Pertumbuhan dan Perkembangan pada tumbuhan:
a. Pertumbuhan dan Perkembangan Awal.
Pertumbuhan Awal pada Tumbuhan  Biji dimulai dari biji. Biji mengandung potensi untuk tumbuh menjadi individu baru, seperti embrio. Embrio terdiri atas bakal akar (radikula), bakal pucuk (plumula), dan cadangan makanan sementara (kotiledon). Biji memiliki kandungan air yang sedikit hingga dengan ketiadaan air biji menjadi tidak dapat melangsungkan proses metabolisme. Pada kondisi  tertentu, biji mulai tumbuh dan mengadakan perkecambahan (germinasi).

Gambar Pertumbuhan kecambah dan bagian-bagiannya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar